Selasa, 15 Januari 2013

OS Linux

Linux

Pengenalan Linux.

Linux adalah sistem operasi berbasis UNIX yang dapat berjalan diberbagai macam perangkat keras terutama diPC berbasis intel x86. dikatakan berbasis UNIX dikarenakan Linux Dikembangkan menurut kemampuan baik sebagai server maupun workstation layaknya UNIX.



Pada awalnya Linux hanya berjalan di platform intel x86 termasuk AMD Cyrix dan lainnya. namun seiring dengan berkembangnya jumlah pengguna Linux dan para pengembangnya maka sekarang Linux telah berjalan pula pada Macintosh (Motorola) ,Sun Sparc, DEC Alpha, AMIGA, StrongARM, dan masih banyak lagi.

Linux juga disebut salah satu contoh hasil pengmbangan lunak bebas dan sumber terbuka utama. seperti perangkat lunak dan sumber terbuka lainnya pada umumnya. kode sumber linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan secara bebas oleh siapa saja. Nama "Linux" sendiri berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. sistemnya peralatan sistem dan pustakannya umumnya berasal dari sistem operasi GNU yang diumumkan pada tahun 1983 oleh Richard Stallman. kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multi taskingyang dapat berjalan di berbagai. sistem operasi ini mengimplementasikan standar POSIX, Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang laen. termasuk Apple, Microsoft dan Novell. linux sebenarnya mengacu pada suatu kumpulan software lengkap yang bersama-sama dengan kernel. menyusun suatu sistem operasi yang lengkap. Lingkungan sistem operasi ini mencakup ratusan program termasuk kompiler, intepreter, editor dan utilitas. perangkat bantu yang mendukung konektivitas, Ethernet, SLIP dan PPP interoperabilitas. produk perangkat lunak yang handal (reliable). termasuk versi pengembangan terakhir, kelompok pengembang yang tersebar diseluruh dunia yang telah bekerja dan menjadikan Linux portable ke suatu platform baru, begitu juga mendukung komunitas pengguna yang memiliki beragam kebutuhan dan juga pengguna dapat turut serta bertindak sebagai tim pengembang sendiri.

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yaitu Linus Torvalds. dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andre Tanenbaum. Namun Linus merasa bahwa Minix masih memiliki banyak kelemahan. dan mulai saat itu di usianya yang ke-23 , Linus mulai mengutak atik kernel Minix. dan ia mulai mengembangkan sistem yang kompatibel dengan IBM PC. pada bulan agustus 1991, lahirlah Linux versi 0.01 hasil oprekan Linus, dan pada tanggal 5 oktober 1991, secara umum Linus mengumumkan Linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler. selain itu, Linus juga mempubllhikasikan sistem operasi buatannya tersebut lengkap dengan source codenya yang ternyata disambut dengan sangat antusias oleh para proggramer dan developer diseluruh dunia agar dapat di develop bersama-sama.

Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap bisa digunakan untuk jaringan pengembangan sofware dah bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial. (misalnya Windows 9X/NT/2000/ME) Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berinteraksi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.

karena kernel Linux dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang tersedia sebagai contoh, C compiler menggunakan gcc dari Free Software Foundation GNU's Project. Compiler ini banyak digunakan pada lingkungan Hewlett-Packard dan Sun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar